Pengertian dan Bentuk-Bentuk Galaksi

October 17, 2016
Pengertian dan Bentuk-Bentuk Galaksi | Galaksi meruapakan salah satu komponen yang sudah tersebar di alam semesta. Para astronom menyimpulkan bahwa galaksi yang ada di alam semesta berjumlah miliaran dengan setiap galaksi terdiri dari ratusan miliar bintang. Matahari dari sistem tata surya merupakan satu dari ratusan miliar bintang yang terdapat pada satu galaksi.  Pengetian Galaksi adalah kumpulan dari bintang yang membentuk sistem, terdiri dari satu ataupun lebih benda angkasa yang mempunyai ukuran besar serta dikelilingi oleh benda-benda angkasa yang lainnya sebagai anggotanya yang bergerak untuk mengelilinginya dengan teratur. Dalam ilmu astronomi, galaksi merupakan suatu sistem yang terdiri bintang-bintang, debu dan gas yang sangat luas, di mana anggotanya mempunyai gaya tarik menarik atau yang bisa disebut dengan gravitasi. Suatu galaksi umumnya terdiri dari miliaran bintang yang mempunyai warna, ukuran serta karakteristik yang sangatlah  beraneka ragam.

Pengertian Galaksi, Bentuk Bentuk Galaksi, pengertian galaksi adalah, pengertian galaksi dan bentuknya, pengertian galaksi beserta ciri-cirinya, pengertian galaxy adalah, pengertian galaksi bima sakti, pengertian galaksi elips.
Pengertian dan Bentuk-Bentuk Galaksi | http://www.mata-pelajaran.xyz

Sistem tata surya berada di sebuah galaksi yang disebut dengan Galaksi Bima Sakti. Matahari pada sistem tata surya  yaitu satu dari 200 miliar bintang anggota Bimasakti. Bintang-bintang Bimasakti ini tersebar dengan berjarak dari satu bintang menuju  bintang yang lain berkisar 4 hingga 10 tahun cahaya. Semakin menuju arah pusat galaksi, jarak antar bintang akan semakin dekat atau kerapatan galaksi menuju arah pusat yang semakin besar.

Beberapa bentuk Galaksi antara lain yang pertama galaksi dengan bentuk spiral. Pada galaksi ini adanya roda-roda Catherina didalamnya, dengan lengan yang memiliki bentuk spiral yang keluar dari pusat yang berwarna terang. Sekitar 60% galaksi mempunyai spiral. Bentuk yang kedua yaitu galaksi spiral berpalang. Galaksi yang berbentuk spiral berpalang ini tampak dari bagian ujung pusat keluar lengan-lengan di spiral galaksi. Sekitar 18% dari galaksi di jagad raya berupa spiral-spiral atau spiral-spiral yang terpotong. Bentuk yang ketiga yaitu galaksi berbentuk elips. Galaksi ini bentuknya elips, dari berbentuk hampir mirip dengan bola kaki hingga bentuk yang lonjong seperti bola rugby. Sekitar 18% galaksi berbentuk elips. Bentuk yang terakhir yaitu galaksi mempunyai bentuk tidak  beraturan. Galaksi yang berbentuk tidak beraturan ataupun tak mempunyai bentuk tertentu, 4% galaksi berbentuk tidak beraturan. 

Sekian penjelasan dari kami, semoga artikel Geografi di atas tentang Pengertian dan Bentuk-Bentuk Galaksi, semoga bisa bermanfaat dan menjadi sumber belajar online teman-teman semua. Sertakan komen jika dari artikel di atas terdapat beberapa kesalahan. Bagikan ke teman-teman yang lainnya jika dirasa artikel di atas bermanfaat. Terima kasih..

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »