Fakta-Fakta Galaksi Bima Sakti

October 03, 2016
Galaksi Bima Sakti adalah galaksi dimana bumi kita berada di alam semesta yang luas ini. Galaksi Bima Sakit berbentuk spiral dengan empat lengan besar di lingkaran utamanya. Pusat dari galaksi Bima Sakti, yang jaraknya lebih dari 26.000 tahun cahaya dari Bumi, mengandung paling tidak satu lubang hitam yang sangat besar (supermassive black hole) yang idsebut Sagittarius A. Galaksi Bima Sakti mulai terbentuk sekitar 12 miliar tahun yang lalu dan merupakan bagian dari sekitar 50 galaksi lainnya yang disebut Local Group. Galaksi lain yang merupakan bagian dari Local Group adalah galaksi Andromeda, dan juga galaksi kecil seperti Magellan. Local Group sendiri merupakan kumpulan besar galaksi-galaksi yang dsebut galaksi Virgo Supercluster.

Galaksi Bima Sakti, Fakta-fakta Galaksi Bima Sakti
Fakta-Fakta Galaksi Bima Sakti | http://www.mata-pelajaran.xyz

Profil Galaksi Bima Sakti
  • Jenis        : Galaksi Spiral
  • Diameter    : 100.000-120.000 tahun cahaya
  • Massa        : 800-1.500 miliar massa matahari
  • Jumlah Bintang    : 100-400.000.000.000

Fakta tentang Galaksi Bima Sakti
  1. Galaksi Bima Sakti lahir dari serangkaian daerah-daerah padat di alam semesta awal tidak lama setelah Big Bang. Bintang-bintang yang pertama terbentuk sekarang berada di globular cluster yang masih ada sampai sekarang. Bintang-bintang tersebut merupakan beberapa bintang lama yang terbentuk di wilayah Bima Sakti.
  2. Galaksi Bima Sakti telah berkembang dengan menarik beberapa galaksi kecil untuk bergabung. Galaksi Bima Sakti saat ini sedang menarik bintang-bintang dari galaksi yang sangat kecil yang idsebut Sagittarius Dwarf Spheroidal dan melahap sebagian material dari galaksi Magellan.
  3. Galaksi Bima Sakti bergerak di luar angkasa dengan kecepatan sekitar 552 killometer per detik (343 mil per detik) sehubungan dengan radiasi latar belakang kosmik Microwave. Di inti pusat galaksi Bima Sakti terdapat lubang hitam yang sangat besar (supermassive black hole) yang dinamakan sebagai Sagittarius A. Lubang hitam tersebut menggandung massa sekitar 4.3 juta matahari.
  4. Bintang-bintang, debu, dan gas yang terdapat di galaksi Bima Sakti mengorbit pusat galaksi dengan kecepatan sekitar 220 kilometer per detik. Laju konstan ini untuk semua bintang pada jarak yang berbeda dari inti menyiratkan adanya pengaruh materi gelap (dark matter) yang mengelilingi galaksi kita.
  5. Galaksi kita akan bertabrakan dengan Galaksi Andromeda di sekitar 5 miliar tahun yang akan datang. Beberapa astronom menyebut dua galaksi kita sebagai sistem biner spiral raksasa.

Sekian penjelasan dari kami, semoga artikel Geografi di atas tentang Fakta-fakta Galaksi Bima Sakti, semoga bisa bermanfaat dan menjadi sumber belajar online temen-temen semua. Sertakan komen jika dari artikel di atas terdapat beberapa kesalahan. Bagikan ke teman-teman yang lainnya jika dirasa artikel di atas bermanfaat. Terima kasih...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »