Inilah Pengertian Lingkungan Hidup

October 07, 2016
Pengertian Lingkungan Hidup – yang merupakan lingkungan hidup ialah Kehidupan yang melibatkan berbagai unsur yang diantaranya adalah makhluk hidup seperti (manusia, hewan, tumbuhan) maupun lingkungan hidupnya. Beberapa unsur tersebut harus berjalan secara seimbang supaya bisa menciptakan kehidupan baik yang semestinya. Bila tidak terjadi keseimbangan diantara unsur-unsur itu maka akan terjadi hal negatif, seperti bencana ataupun sebagainya. 
Lingkungan Hidup, Pengertian Lingkungan Hidup
Inilah Pengertian Lingkungan Hidup | http://www.mata-pelajaran.xyz

Pengertian lingkungan hidup sendiri merupaan kesatuan ruang terhadap segala sesuatu makhluk hidup serta benda yang ada di dalamnya termasuk manusia dengan perilakunya. Sehingga bukan hanya lingkungan dalam bentuk fisik saja. Namun lingkungan hidup tersebut mencakup ekosistem, budaya, dan perilaku sosial, hingga udara yang ada. Sedangkan manusia sebagai makhluk berakal juga sangat berperan penting untuk menjaga keseimbangan dari lingkungan hidup. Oleh karena itu manusia harus mempunyai kesadaran dalam menjaga keseimbangan pada lingkungan hidup.

Karena lingkungan hidup sangat berperan dalam kehidupan manusia maupun makhuk hidup lain bila dilihat dari arti dari lingkungan hidup. Selain itu lingkungan hidup tersebut mempunyai fungsi pokok pada keberlangsungan hidup seluruh makhluk hidup pada alam semesta. Tanpa lingkungan hidup manusia serta makhluk hidup lain tak akan mampu bertahan hidup serta tidak akan mempunyai tempat untuk tinggal. Beberapa peran terpenting lingkungan hidup diantaranya ialah.

Untuk habitat makhluk hidup

Seluruh makhluk hidup manusia, hewan dan tumbuhan membutuhkan lingkungan hidup menjadi tempat tinggalnya. Bukan hanya sekedar lingkungan saja, tapi lingkungan tersebut harus sehat serta berjalan secara baik yang semestinya dapat digunakan dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan dari makhluk hidup sendiri. Disamping itu, lingkungan hidup juga dapat menjadi lokasi tumbuh kembangnya makhluk hidup sendiri.

Untuk Penyedia SDA atau Sumber Daya Alam untuk keberlangsungan hidup dari manusia

Sedangkan lingkungan hidup tersebut sangat penting untuk semua jenis makhluk hidup, khususnya bagi manusia. Segala keperluan manusia yang bersumber dari alam. Sehingga tanpa hadirnya lingkungan hidup, maka manusia tak akan dapat memenuhi kebutuhannya serta tak akan dapat mempertahankan keberadaanya. Pengertian Lingkungan Hidup memang sangat penting untuk diketahui.

Sekian penjelasan dari kami, semoga artikel Geografi di atas tentang Pengertian Lingkungan Hidup, semoga bisa bermanfaat dan menjadi sumber belajar online temen-temen semua. Sertakan komen jika dari artikel di atas terdapat beberapa kesalahan. Bagikan ke teman-teman yang lainnya jika dirasa artikel di atas bermanfaat. Terima kasih...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »