Lingkungan Hidup Manusia: Unsur Biotik & Sosial Budaya

October 10, 2016
Lingkungan Hidup – yang dimaksud lingkungan merupakan segala sesuatu yang sudah ada di sekitar manusia dan bisa mempengaruhi pertumbuhan kehidupan manusia secara langsung ataupun tidak langsung. Selain itu lingkungan juga dapat dibedakan menjadi dua yakni lingkungan biotik dengan lingkungan abiotik. Bila kalian berada di sekolahan, maka lingkungan biotiknya adalah teman-teman sekolah, guru-guru dan karyawan, serta semua orang yang berada di sekolah tersebut, sekaligus berbagai jenis tumbuhan di kebun sekolah ataupun hewan-hewan yang terdapat di sekitarnya. Sedangkan lingkungan abiotiknya berupa udara, kursi, kursi, papan tulis, dan gedung sekolah atau berbagai benda mati yang berada di sekitarnya.
 
Lingkungan Hidup, Lingkungan Hidup Manusia, Unsur Biotik, Unsur Sosial Budaya.
Lingkungan Hidup Manusia: Unsur Biotik & Sosial Budaya | http://www.mata-pelajaran.xyz

Kerap kali lingkungan sesama manusia disebut dengan lingkungan sosial. Dan pada lingkungan sosial tersebutlah yang membentuk sebuah sistem pergaulan sangat besar peranannya ialah untuk membentuk kepribadian anda.
 
Sedangkan secara khusus, banyak yang menggunakan kata lingkungan hidup guna menyebutkan segala sesuatu dengan berpengaruh pada kelangsungan hidup dari makhluk hidup yang ada di bumi.
 
Namun berdasar dengan UU No. 23 pada Tahun 1997, yang dinamakan lingkungan hidup ialah kesatuan ruang dan seluruh benda maupun kesatuan makhluk hidup yang termasuk di dalamnya juga manusia dengan perilakunya yang bisa melangsungkan perikehidupan maupun kesejahteraan manusia dan juga makhluk hidup yang lain.
 
1. Unsur Biotik
 
Yang dimaksud dengan Unsur hayati atau (biotik), disini ialah unsur lingkungan hidup terdiri atas makhluk hidup, berupa manusia, hewan, dengan tumbuh-tumbuhan, maupun jasad renik. Bila anda berada pada kebun sekolah, lingkungan hayatinya telah didominasi oleh tumbuhan. Namun bila anda berada dalam kelas, lingkungan hayati yang telah dominan ialah teman-teman ataupun sesama manusia.
 
2. Unsur dari Sosial Budaya
 
Sedangkan unsur sosial budaya, ialah lingkungan sosial serta budaya yang dibuat oleh manusia yang termasuk juga nilai, gagasan, serta keyakinan pada perilaku sebagai salah satu makhluk sosial. Sedangkan kehidupan masyarakat bisa mencapai keteraturan karena adanya sistem nilai maupun norma yang diakui yang ditaati oleh sejumlah anggota masyarakat yang ada. Lingkungan hidup juga bisa berasal dari unsur sosial budaya juga.
 
Sekian penjelasan dari kami, semoga artikel Geografi di atas tentang Lingkungan Hidup Manusia, semoga bisa bermanfaat dan menjadi sumber belajar online temen-temen semua. Sertakan komen jika dari artikel di atas terdapat beberapa kesalahan. Bagikan ke teman-teman yang lainnya jika dirasa artikel di atas bermanfaat. Terima kasih...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »