Sejarah Lengkap Revolusi Perancis

July 14, 2018
Revolusi Perancis (1789-1799) adalah masa ketika pergolakan politik dan sosial terjadi di Prancis yang mempengaruhi perubahan struktur sosial-politik Prancis. Monarki absolut yang selama ratusan tahun berdiri harus dilibas oleh pergerakan orang-orang hanya dalam tiga tahun.

Kondisi sosial-politik sebelum Revolusi Perancis ditandai oleh kekuatan absolut yang di era ini dipegang oleh Raja Louis XIV. Louis menjunjung tinggi kekuasaannya, dan mengatakan bahwa "La Etat C'est Moi!" (Negara adalah milikku). Kekuasaan raja tidak dibatasi oleh hukum oleh atau dewan legislatif sejak zaman Louis XIV. Badan legislatif yang ada, Etats Generaux, telah dinonaktifkan. | Mata Pelajaran

Revolusi Perancis, Sejarah Revolusi Perancis, Latar Belakang Revolusi Perancis, Kronologis Revolusi Perancis, Jalanya Revolusi Perancis, Akhir Revolusi Perancis, Dampak Revolusi Perancis.
Sejarah Lengkap Revolusi Perancis | www.mata-pelajaran.xyz

Louis XVI naik tahta menjadi raja Prancis di tengah krisis keuangan; negara hampir bangkrut dan belanja negara melebihi pendapatan. Akibat membiayai perang, kondisi ekonomi Perancis mengalami kehancuran.

Perang-perang yang banyak menguras keuangan Perancis adalah perang Tujuh Tahun melawan Inggris, termasuk juga perang dalam membantu revolusi Amerika. Selain akibat dari biaya perang yang membengkak, terpuruknya kondisi keuangan Perancis juga disebabkan oleh Raja Perancis sendiri yang memiliki gaya hidup mewah dan cenderung hidup dengan hura-hura. Isteri Raja Luis, Marie Antonette terkenal dengan sifatnya yang boros, sehingga dijuluki ‘Madam Defisit’.

Selain faktor ekonomi diatar, ada beberapa faktor lain yang menyebabkan pecahnya revolusi. Salah satunya adalah munculnya pemikiran tentang kebebasan. Munculnya pemikiran kebebasan dan demokrasi oleh Voltaire (1694-1778) adalah pejuang humanisme Perancis yang berjuang untuk berbagai hak kebebasan untuk hugenot (Protestan Prancis). Dia juga mengutuk kemunafikan dari banyak pemimpin gereja yang menindas rakyat Perancins.

Montesquieu (1689-1755) Gagasan Monstesquieu tentang sistem politik (Trias Politica) dalam bukunya L'Esprit des Lois diterjemahkan dalam bahasa Inggris dengan judul The Spirit of Law. Di dalamnya ia mengusulkan suatu sistem pemerintahan monarki konstitusionalnya dengan yang berikut: Pemisahan lembaga-lembaga negara (legislatif, yudikatif, dan eksekutif), pembagian kekuasaan, dan keseimbangan kekuasaan di antara ketiga lembaga tersebut.

Jean - Jasques Rousseau (1712-1778) melalui tulisan-tulisannya "Du Contract Social" (1762) mengusulkan teori sistem pemerintahan demokratis yang menempatkan rakyat sebagai pemenang utama yang berdaulat. Pemikiran ini kemudian disebut sebagai teori kedaulatan rakyat, yang berusaha untuk menggantikan teori Tuhan yang dimulai Tuhan sebelum revolusi.

Pasca Revolusi di Amerika berakhir dan Amerika Serikat muncul sebagai negara Demokrat, yang sejalan dengan pemikiran filsuf Prancis seperti Voltaire dan Montesquieu. Jenderal Lafayette, yang sebelumnya adalah pemimpin pasukan Prancis dalam Revolusi Amerika, pulang ke Prancis dan menyebarkan gagasan reformasi dan pemahaman demokrasi yang dianggap jauh lebih baik daripada sistem monarki absolut yang dijalankan oleh Perancis.

Jalannya Revolusi Perancis

1. Majelis Etika Generaux (badan perwakilan)

Karena krisis keuangan, Raja Perancis pada saat itu, louis XVI berencana untuk mengenakan pajak atas kaum bangsawan. Mereka menentang rencana tersebut dan mengusulkan pembentukan generaux etat. Pada 1789 Louis XVI mulai menghidupkan kembali etika generaux yang telah dinonaktifkan.

Lembaga ini berfungsi kembali sebagai badan perwakilan yang bertanggung jawab untuk memutuskan kebijakan yang terkait dengan upaya penyelamatan ekonomi Perancis. Namun lembaga ini kemudian dianggap oleh masyarakat Golongan III Tidak Efektif karena dipandang hanya sebagai badan yang memperjuangkan kepentingan kaum bangsawan dan gereja.

2. Pembentukan Assemble Nationale

Ketidakpuasan Kelompok III dengan sistem pemungutan suara di Etats Generaux yang mendukung Kelompok I dan II menyebabkan mereka mengundurkan diri dari lembaga dan membentuk badan counter-paralel yang disebut asambel nationale. Dengan berdirinya lembaga ini pada 20 Juni 1789, jalan menuju revolusi menjadi lebih terbuka.

3. Invasi Penjara Bastille.

Pada tanggal 14 Juli, para pemberontak menargetkan sejumlah besar senjata dan amunisi yang diyakini berada di istana dan penjara Bastille, juga dianggap sebagai simbol kekuasaan monarki. Setelah beberapa jam pertempuran, kastil jatuh ke tangan pemberontak di sore hari.

Meskipun ada gencatan senjata untuk mencegah pembantaian, Gubernur Marquis Bernard de Launay dipukuli, ditikam, dan dipenggal kepalanya, kepalanya diletakkan di ujung tombak dan diarak keliling kota. Setelah jatuhnya Bastille, kemudian orang-orang membentuk pemerintahan kota yang disebut pemerintahan Komune Paris.

4. Pembentukan Dewan Nasional

Dewan Nasional kemudian dibentuk dengan nama Asamblee Nationale Constituante. Perwakilan dari Majelis Konstituante termasuk, Mirabeau (bangsawan), Lafayette (bangsawan), dan Sieyes (orang-orang beragama). Asamblee Nationale Constituante kemudian menyusun deklarasi hak asasi manusia Perancis (1789-1791).

Pada tanggal 27 Agustus 1789, Majelis Konstituante mengumumkan Hak Asasi Manusia dan Warga Negara (Deklarasi des Droits de l'homme et du Citoyen) sebagai dasar dari pemerintahan baru. Pada 14 Juli 1790 Konstitusi Perancis disahkan. Dengan demikian pemerintah Perancis berubah menjadi Monarki Konstituonal yang membatasi kekuasaan Raja.

5. Disintegrasi Kelas Ketiga

The Third Class Disintegration (1791 1792) setelah Konstitusi disahkan, kelompok ketiga mulai mengalami perpecahan. borjuis dalam kelompok ketiga mempertahankan monarki konstitusional Perancis.

Mereka bergabung dengan partai girodin, sementara rakyat jelata yang bergerombol di partai montagne memilih tuntutan radikal. Mereka ingin Perancis menjadi republik. Persaingan antara keduanya berakhir dengan kemenangan montagne yang kemudian dilanjutkan dengan pembentukan pemerintahan rakyat biasa yang disebut pemerintahan konvensional

6. Pemerintah Konvensi Nasional

Pemerintah Konvensi Nasional (1792-1795) dari pemerintah Konvensi nasional dipimpin oleh Robespierre selama masa pemerintahannya. Ya menjalankan pemerintahan teroris dengan melakukan serangkaian pembunuhan massal terhadap orang-orang yang menentang revolusi.

Banyak bangsawan dibunuh karena alasan itu bahkan pada 21 Januari 1793 louis XVI di Gillotin (pancung) dieksekusi di tempat de la Concorde Paris. Setelah jatuhnya Jacobin dan eksekusi Robespierre, Directory mengambil alih kendali negara pada 1795 hingga 1799.

Pemerintah ini adalah pemerintahan kolektif dengan kekuasaan eksekutif di tangan lima direktur salah satu direktur pemerintahan ini adalah Napoleon Bonaparte yang namanya telah mendapatkan ketenaran sejak memenangkan perang koalisi.

7. Pemerintah Konsulat

Pemerintahan Konsulat (1799-1804) menjalankan pemerintahan direktori yang tidak efektif mendorong Napoleon untuk melakukan kudeta dengan membubarkan pemerintah 1799 langsung dan menggantinya dengan pemerintahan baru yang disebut konsulat, dan Napoleon Bonaparte menunjuk dirinya sebagai konsul pertama.

8. Kekaisaran Perancis

Kekaisaran Perancis (1804-1815) pembubaran directoire oleh Napoleon menandai akhir revolusi Perancis siklus revolusioner mulai mengalami titik balik setelah Napoleon Bonaparte kemudian menetapkan dirinya sebagai Kaisar Perancis yang dinobatkan oleh Paus Pius VII pada tahun 1804. Setelah penobatan, Prancis kembali membentuk monarki.

Demikianlah penjelasan mengenai Sejarah Singkat Revolusi Perancis, semoga apa yang dijelaskan di atas bisa diterima dengan baik oleh pembaca sekalian. Apabila ada kesalahan, silahkan tuliskan lewat kolom komentar biar nanti saya periksa dan perbaiki. Terima kasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »