Pendekatan Geografi yang Perlu Anda Ketahui

October 16, 2016
Pendekatan Geografi - Agar bisa dibedakan dengan ilmu yang lainnya, geografi sebagai ilmu tentang bumi selalu mengkaji hubungan timbal-balik antara permasalahan dan fenomena nya dengan pendekatan ekologi, keruangan dan regional kompleks. Berikut Pendekatan Geografi yang perlu untuk diketahui:

A. Pendekatan Keruangan

Pendekatan keruangan pada geografi adalah ciri khas yang membedakannya dengan ilmu-ilmu yang lainnya. Pendekatan keruangan yang terdiri dari pendekatan topic, pendekatan aktivitas manusia serta pendekatan regional. Secara teoritis, pendekatan itu bisa dipisahkan, namun dalam kenyataannya saling berhubungan.

Pendekatan keruangan , apabila didasarkan dengan pendapat Yunus, diartikan menjadi sebuah metode atau pun cara pandang yang menekankan eksistensi sebuah ruang menjadi titik fokus. Eksistensi ruang ini telah mencakup spatial pattern, spatial structure serta spatial process

Pendekatan Geografi, pendekatan geografi dan contohnya, pendekatan geografi dan contoh, pendekatan geografi adalah, pendekatan geografi meliputi, pendekatan geografi contoh, Pendekatan Keruangan, Pendekatan Lingkungan, Pendekatan Kewilayahan.
Pendekatan Geografi yang Perlu Anda Ketahui | http://www.mata-pelajaran.xyz

B. Pendekatan Lingkungan 

Pendekatan lingkungan terkadang disebut dengan nama pendekatan ekologis merupakan titik fokus yang didasarkan interaksi yang muncul serta terdapat di lingkungan. Pendekatan lingkungan ini terkait erat dengan lingkungan fisik dan kehidupan manusia di sekitarnya. Interaksi yang terjadi terdapat dalam skala ruang yang dikenal dengan ekosistem. Didalam analisa ekologi, orang yang mempelajari geografi selalu berusaha dalam mengkaji hubungan dan interaksi manusia dengan lingkungannya karena dalam pendekatan geografi lingkungan yang satu ini, lingkungan memiliki peranan yang penting terutama usaha untuk memahami gejala yang geosfer. 

Pendekatan ekologis tidak menekankan lagi pada keberadaan ruang, namun pada keterkaitan diantara gejala geosfer dengan variabel yang ada di lingkungan yang terkait. Dengan menggunakan pendekatan lingkungan ini, seseorang tak hanya mengurai keterkaitan antara makhluk hidup dengan lingkungan alamnya namun juga dikaitkan dengan beberapa hal seperti  fenomena di dalam yang mencakup fenomena pada alam dengan relic fisik dari tindakan atau kegiatan manusia. Pola perilaku manusia dengan beberapa perkembangan serta ide-ide serta nilai dengan unsur geografis dan kesadaran manusia terhadap lingkungannya.

C. Pendekatan Kewilayahan 

Pendekatan kewilayahan merupakan sebuah sudut kajian yang fokus terhadap penyebaran sebuah fenomena, gejala serta pola dalam keruangan. Pendekatan geografi kewilayahan ini mencakup hubungan antara beberapa variabel dimana mereka akan saling terkait satu sama lain serta memberikan pengaruh yang signifikan. Demikianlah penjelasan tentang Pendekatan Geografi.

Sekian penjelasan dari kami, semoga artikel Geografi di atas tentang Pendekatan Geografi, semoga bisa bermanfaat dan menjadi sumber belajar online teman-teman semua. Sertakan komen jika dari artikel di atas terdapat beberapa kesalahan. Bagikan ke teman-teman yang lainnya jika dirasa artikel di atas bermanfaat. Terima kasih...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »