Berapakah Jumlah Galaksi di Alam Semesta?

February 20, 2018
Galaksi di Alam Semesta | Seberapa banyak kah Galaksi di alam semesta ini? Pertanyaan tersebut mungkin terpintas di pikiran kita. Alam semesta (Universe) itu sangat luas, bahkan belum ada teori yang menyatakan adanya ujung dari alam semesta tersebut. Lalu, seberapa banyak kah galaksi dalam alam semesta ini? Berikut adalah penjelasannya. | Mata Pelajaran

Jumlah galaksi, Pengertian galaksi, Alam Semesta, Galaksi Bimasakti, Galaksi Menurut Pengertian Ahli, Pengertian Alam Semesta, Bintang Terbesar di Alam Semesta.
Berapakah Jumlah Galaksi di Alam Semesta? | http://www.mata-pelajaran.xyz

Memperkirakan berapa banyak galaksi yang terdapat di alam semesta ini merupakan pekerjaan yang sangat sulit. Apalagi untuk menentukan angka pasti seberapa banyak galaksi yang ada. Permaslahan yang muncul adalah, tidak adanya alat atau instrument yang dapat digunakan untuk menghitung banyaknya galaksi. Untuk menghitung jumlah galaksi, kita mesti memiliki teleskop dengan aperture besar (diameter cermin utama atau lensa) dan berada di atas atmosfer untuk menghindari distorsi dari udara di bumi.

BACA JUGA: Pengertian Alam Semesta

Pendapat para ahli tentang jumlah galaksi di alam semesta beragam. Menurut Mario Livio, seorang astrofisikawan dari The Space Telescop Science Institue di Baltimore, rentang jumlah yang diterima adalah antara 100 sampai 200 miliar galaksi. Banyangkan, dalam satu galaksi terdapat ratusan miliaran bintang, berapa banyak kah planet yang ada di alam semesta? Mungkin tidak terhitung jumlahnya.

Sampai saat ini, teleskop Hubble adalah alat terbaik yang ada untuk mengukur jumlah galaksi di tata surya. Teleskop ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1990, yang terus diperbaiki performanya pada tahun 1993 dan 2009 melalui misi luar angkasa. Seusai perbaikan teleskop Hubble selesai, para peneliti memulai projek mereka untuk mengukur jumlah galaksi yang ada. Pada tahun 2012, para peneliti menggunakan teleskop Hubble untuk melihat sebagian Deep Field Ultra. Bahkan, dalam bidang yang sempit, para astoronom mampu mendeteksi sekitar 5.500 galaksi. Itu hanya dari sebagian kecil bidang yang dipotret saja.

Alam semesta ini senantiasa berkembang lebih cepat dari kecepatan cahaya. Oleh karena itu, jumlah galaksi yang dapat diidentifikasi oleh teleskop Hubble akan berbeda setiap tahunya. Ketika alam semsta bertambah tua dan bertambah melebar (berkembang), galaksi juga akan sulit untuk diteliti.

BACA JUGA: Bintang Terbesar di Alam Semesta

Sekian penjelasan dari kami, semoga artikel Geografi di atas tentang Galaksi di Alam Semesta, semoga bisa bermanfaat dan menjadi sumber belajar online temen-temen semua. Sertakan komen jika dari artikel di atas terdapat beberapa kesalahan. Bagikan ke teman-teman yang lainnya jika dirasa artikel di atas bermanfaat. Terima kasih...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »