7 Manfaat Mempelajari Geografi

February 10, 2018
Manfaat Geografi ~ Geografi adalah salah satu mata pelajaran yang kita temui saat di SMA atau di SMP dalam lingkup pelajaran IPS. Kenapa ya kita mesti belajar geografi? Ada alasan bagus untuk itu; mempelajari geografi mempengaruhi hidup kita dengan cara yang mendalam, dah itu saja.

Geografi adalah studi tentang dunia. Ini melibatkan pemahaman baik dunia secara fisik maupun pengaruh manusia lingkungannya. Studi geografi melibatkan ilmu alam, atau studi geografi fisik, dan ilmu sosial, atau geografi manusia. Ada banyak alasan kuat mengapa kita harus belajar geografi. Inilah tujuh alasan utama. | Mata Pelajaran

Pengertian Geografi, Konsep Geografi, Prinsip Geografi, Pendekatan Geografi, Ruang Lingkup Geografi, Sejarah Geografi, Hakikat Geografi, Manfaat Geografi Cabang Ilmu Geografi, Aspek Geografi.
7 Manfaat Mempelajari Geografi | www.mata-pelajaran.xyz

  • Geografi membantu kita memahami sistem fisik dasar yang mempengaruhi kehidupan sehari-hari: Bagaimana siklus air dan arus laut bekerja semua dijelaskan dalam Geografi. Ini adalah sistem penting untuk dipantau dan diprediksi agar membantu mengurangi dampak bencana.
  • Untuk mempelajari lokasi tempat dan karakteristik fisik dan budaya tempat-tempat tersebut agar dapat berfungsi dengan lebih efektif di dunia kita yang semakin saling bergantung: Mengingat betapa globalnya pasar modern kita, penting untuk memiliki pemahaman tentang di mana negara dan budaya berada relatif terhadap satu sama lain.

BACA JUGA:
1. Pengertian Geografi
2. Kosep Geografi

  • Untuk memahami geografi masa lalu dan bagaimana geografi telah memainkan peran penting dalam evolusi manusia, gagasan, tempat dan lingkungan mereka: Pengetahuan geografi bersinggungan dengan mata pelajaran lain seperti Biologi dan Sejarah dan dapat membantu untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang sutau topik.
  • Untuk memahami tata ruang masyarakat dan melihat ketertiban yang sering tampak acak: Mengapa kita tinggal di kota dan tempat yang kita jalani? Mempelajari Geografi memberi kita gagasan bagus mengapa kota dan desa didirikan di lokasi tertentu dan mengapa ada yang lebih berkembang lebih dari yang lain.
  • Untuk dapat membuat penilaian yang masuk akal mengenai hal-hal yang melibatkan hubungan antara lingkungan fisik dan masyarakat: Mengapa kita tidak tinggal di lokasi tertentu? Pemahaman Geografi membuat kita tahu lokasi mana yang tidak ideal untuk pembangunan dan bagaimana cara terbaik untuk mengembangkan atau memperluas kota dan kota.
  • Mengapresiasi Bumi sebagai tanah air umat manusia dan memberikan wawasan akan keputusan manajemen yang bijak tentang bagaimana sumber daya planet ini harus digunakan: Sumber daya bumi terbatas dan perlu dikelola secara bertanggung jawab. Geografi menginformasikan kepada kita tentang bagaimana memanfaatkan sumber daya yang tersedia secara lestari.
  • Untuk memahami saling ketergantungan global dan menjadi warga global yang lebih baik: Terakhir, Geografi dapat membantu kita untuk lebih sadar tentang dunia di sekitar kita. Menjadi warga global yang lebih baik berarti memahami orang lain dengan lebih baik dan mengetahui keterbatasan Bumi, yang keduanya berupaya membuat planet kita menjadi lebih layak huni.
Demikianlah ke-7 Manfaat Mempelajari Geografi, semoga apa yang dituliskan di atas membuat kita semakin giat untuk mempelajari geografi. Apabila ada kesalahan berupa penulisan maupun isi penjelasan, tuliskan kritik dan saran sobat di kolom komentar di bawah ya. Terima kasih atas perhatiannya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »