Sumber Daya Alam & Mutu Lingkungan

November 09, 2016
Sumber Daya Alam - sesuatu yang bisa dimanfaatkan dalam berbagai kepentingan maupun kebutuhan hidup manusia supaya hidup lebih sejahtera di sekitar alam dengan lingkungan hidup. Sumber daya alam dapat dijumpai di mana saja misalnya di dalam tanah, udara, air, permukaan tanah serta masih banyak lagi. Contoh dasar sumber daya alam seperti produk tambang, sinar matahari, hewan dan tumbuhan serta banyak lagi lainnya.

Sumber Daya Alam, Pengertian Sumber Daya Alam, Mutu Lingkungan, Pengertian Mutu Lingkungan.
Sumber Daya Alam & Mutu Lingkungan | http://www.mata-pelajaran.xyz

Sumber Daya Alam juga bisa diartikan seluruh kekayaan bumi, biotik ataupun abiotik yang bisa dimanfaatkan dalam memenuhi kebutuhan manusia serta kesejahteraan manusia. Namun pada dasarnya Alam memiliki sifat yang berbagai macam, dengan jumlah yang serasi dan juga seimbang. Oleh sebab itu, perlindungan serta pengawetan alam juga harus terus dilakukan guna mempertahankan keserasian serta keseimbangan alam tersebut.

Seluruh kekayaan yang terdapat dalam bumi ini, mulai dari biotik hingga abiotik, yang bisa dimanfaatkan pada kesejahteraan manusia adalah sumber daya alam. Selain itu tumbuhan, hewan, manusia, serta mikroba termasuk kedalam sumber daya alam dari jenis hayati, sedangkan untuk faktor abiotik lain termasuk sumber daya alam jenis nonhayati. Penggunaan sumber daya alam juga harus diikuti pemeliharaan serta pelestarian sebab sumber daya alam tersebut bersifat terbatas.

Berdasar dengan urutan keperluan, keperluan hidup manusia, maka dibagi menjadi dua bagian yakni.

1. Kebutuhan Dasar
Pada jenis kebutuhan tersebut bersifat mutlak yang dibutuhkan untuk hidup sehat yang lebih aman. Yang termasuk juga kebutuhan jenis ini termasuk kebutuhan sandang, pangan, papan, hingga udara yang bersih.

2. Kebutuhan sekunder
Pada kebutuhan jenis ini merupakan berbagai sesuatu yang dibutuhkan untuk lebih menikmati arti hidup, hal ini seperti rekreasi, transportasi, hiburan dan pendidikan.

Mutu lingkungan

Sedangkan pandangan orang untuk memenuhi kebutuhan hidup memang berbeda-beda dikarenakan bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor yang diantaranya ialah ekonomi, pertimbangan kebutuhan, waktu, dan sosial budaya.

Sehingga semakin tinggi pemenuhan kebutuhan dalam kelangsungan hidup, maka akan semakin baik juga kualitas hidupnya. Derajat pemenuhan kebutuhan pokok manusia pada kondisi lingkungan juga disebut dengan mutu lingkungan. Sumber daya alam tersebut sangat penting bagi manusia.

Sekian penjelasan dari kami, semoga artikel Geografi di atas tentang Sumber Daya Alam (SDA), semoga bisa bermanfaat dan menjadi sumber belajar online temen-temen semua. Sertakan komen jika dari artikel di atas terdapat beberapa kesalahan. Bagikan ke teman-teman yang lainnya jika dirasa artikel di atas bermanfaat. Terima kasih...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »