Pengertian Singkat Sistem Tata Surya

November 18, 2016
Sistem Tata Surya - yang dinamakan tata surya merupakan kumpulan benda langit dan terdiri atas matahari dengan benda langit lainnya berupa planet, satelit, asteroid, meteor, komet, serta berbagai benda yang ada di ruang angkasa lain. Pusat tata surya sendiri ialah matahari. Anggota dari tata surya lainnya beredar mengelilingi pusat tata surya. Selain itu tata surya kita tersebut hanyalah satu dari banyaknya tata surya lain yang ada pada galaksi bimasakti.

Pengertian Sistem Tata Surya, pengertian sistem tata surya dan kehidupan di bumi, definisi sistem tata surya, pengertian dan sistem tata surya, pengertian dan susunan sistem tata surya, pengertian matahari dalam sistem tata surya, pengertian tata surya adalah, pengertian tata surya alam semesta, pengertian planet dalam (inferior) pada sistem tata surya adalah, pengertian tata surya beserta gambarnya, pengertian tata surya beserta anggotanya, pengertian tata surya beserta isinya, pengertian tata surya beserta contohnya, pengertian tata surya bintang, pengertian tata surya bumi, pengertian tata surya bulan
Pengertian Singkat Sistem Tata Surya | http://www.mata-pelajaran.xyz

Sedangkan mengapa benda-benda pada sistem tata surya bisa mengelilingi matahari? Dan kekuatan ataupun gaya apa yang ada pada pusat tata surya? Benda-benda tata surya tertarik ke matahari karena adanya gaya gravitasi. Namun massa matahari memang sangat besar dibanding dengan benda-benda langit dalam tata surya yang membuat matahari mempunyai gaya gravitasi terbesar. Dan gaya gravitasi matahari tersebutlah yang bisa membuat benda-benda langit akan tertarik pada pusat tata surya atau matahari. Sehingga benda-benda langit yang memang masuk ke dalam kategori tata surya, hanya akan bergerak mengelilingi matahari pada lintasan ataupun orbit tertentu, yang berbentuk elips.

Tata surya bisa dilihat sebagai salah satu sistem terstruktur dan tersusun dengan benda-benda langit lain menjadi anggota tersebut. Diameter dari tata surya kira-kira 30 tahun cahaya. Pada tahun cahaya ialah jarak yang ditempuh cahaya selama satu tahun, atau 9,46 triliun km. Anda bisa mengalikan nilai tersebut dengan 30, dan hasilnya ialah panjang diameter tata surya. Benda-benda langit ini terdiri atas Matahari, planet, meteor, satelit, asteroid, komet, serta benda-benda angkasa lain.

Salah satunya ialah matahari yang merupakan pusat tata surya, dan termasuk bintang sejati karena bisa memancarkan cahaya sendiri. Sedangkan matahari menjadi salah satu anggota dari tata surya terbesar, sebab hampir semua massa tata surya berkumpul pada matahari sebanyak (98%). Selain itu matahari sebagai salah satu pusat tata surya juga termasuk jenis bintang pada generasi kedua. Matahari mulai terbentuk sekitar 4,6 milyar tahun lalu bentuknya seperti gumpalan gas yang telah berpijar dan terdiri atas gas, terutama adalah gas hidrogen. 

Sekian penjelasan dari kami, semoga artikel Geografi di atas tentang Tata Surya Kita, semoga bisa bermanfaat dan menjadi sumber belajar online temen-temen semua. Sertakan komen jika dari artikel di atas terdapat beberapa kesalahan. Bagikan ke teman-teman yang lainnya jika dirasa artikel di atas bermanfaat. Terima kasih..

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »