5 Fakta Mengejutkan Sistem Tata Surya Kita

September 28, 2016
Sistem Tata Surya | Bumi dimana kita hidup terletak di deretan planet-planet yang secara periodik mengilingi matahari dalam sistem tata surya. Pusat dari sistem tata surya kita adalah mathari. Sistem tata surya kita sangat luas. Ada banyak fakta-fakta mengejutkan tentangnya. Nah, Taman Siswa pada kesemptan kali ini akan menghadirkan 5 fakta mengejutkan tentang sistem tata surya kita, antara lain sebagai berikut:

Sistem Tata Surya, Fakta Menarik Sistem Tata Surya.
5 Fakta Mengejutkan Sistem Tata Surya Kita | http://www.mata-pelajaran.xyz

  1. Merkurius bukanlah planet terpanas di sistem tata surya. Sebagian besar orang percaya bahwa Merkurisu lah planet terpanas di tata surya. Asumsi tersebut lahir karena Merkurius lah planet yang paling dekat dengan Matahari. Namun faktanya bukan. Planet terpanas yang terdapat di sistem tata surya kita adalah Planet Venus. Loh kok bisa? Venus yang jaraknya lebih jauh dari Mathari dibanding Merkurisu adalah planet terpanas di sistem tata surya kita. Itu dikarenakan Venus memiliki atmosfer yang sangat tebal yang memungkinkan panas matahari untuk tidak keluar dari Venus. Ketebalan atmosfer di Venus mencapai 100 kali lebih tebal dibanding dengan di Bumi. Sedangkan Planet Merkurius tidak memiliki atmosfer sama sekali. Sehingga panas yang di dapat dari matahari akan kembali menguap keluar. Panas di Venus bisa mencapai 875 F. sedangkan di Merkurius hanya 800 F.

  2. Ukuran Pluto lebih kecil daripada ukuran Amerika Serikat. Luas Amerika Serikat sekitar 2.900 mil, sedangkan luas Pluto hanya 1.400 mil saja, kurang dari setengah lebar AS. Karena ukuranya yang sangat kecil itu lah, beberapa tahun yang lalu status Pluto dicabut dari jajaran planet di sistem tata surya kita. Pluto sekarang hanya menyadang planet kerdil saja.

  3. Ujung sistem tata surya kita lebih jauh 1000 kali dari jarak Pluto. Kamu mingkin masih berpikir bahwa ujung sistem tata surya kita berakhir di Pluto. Namun faktanya, ujung sistem tata surya kita lebih jauh dari pada itu. Para ahli telah mengidentifikasi berbagai objek yang mengorbit matahari yang jaraknya lebih jauh dari Pluto. Objek tersebut adalah "Trans-Neptunian Objects" (TNOs) atau yang disebut juga "Kuiper Belts Objects" (KBOs).

  4. Hampir semua yang terdapat di Bumi adalah unsur langka. Unsur-unsur yang terdapat di bumi terdiri dari besi, oksigen, silikon, magnesium, slufur, nikel, kalsium, sodium, dan alumunium. Unsur-unsur tersebut tidak terdapat di planet-planet lain selain di bumi.

  5. Terdapat batuan Mars di Bumi. Analisis kimia dari meteroit-meteroit yang ditemukan di Antartika, Gurun Sahara, dan di beberapa wilayah lain menunjukan bahwa itu berasal dari Mars. Meteorit ini mungkin telah mengecam jauh dari Mars karena Meteoroid besar atau dampak asteroid di Mars, atau oleh letusan gunung berapi besar, dan kemudian bertabrakan dengan Bumi.

Sekian penjelasan dari kami, semoga artikel Geografi di atas tentang Fakta Mengejutkan Tata Surya Kita, semoga bisa bermanfaat dan menjadi sumber belajar online temen-temen semua. Sertakan komen jika dari artikel di atas terdapat beberapa kesalahan. Bagikan ke teman-teman yang lainnya jika dirasa artikel di atas bermanfaat. Terima kasih..

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »